Resep Tumis Kulit Ayam Yang Lezat Dan Nikmat

Resep Tumis Kulit Ayam Yang Lezat – Harus diakui apabila dilihat dari segi penampilan, kulit ayam menjadi bagian yang paling tidak menarik sehingga tak heran jika banyak orang membuangnya. Padahal selain dagingnya, teksturnya yang kenyal membuat kulit ayam sering digunakan oleh beberapa chef untuk diolah dan dibuat menjadi hidangan yang lezat. Salah satu hidangan yang menggunakan kulit ayam sebagai bahan utamanya adalah tumis kulit ayam. Kulit ayam yang dibersihkan terlebih dahulu sebelum diolah dan dicampurkan dengan berbagai macam bumbu masakan yang dimasakan dengan cara di tumis akan menghasilkan tumis kulit ayam.

Tumis Kulit Ayam Spesial yang Lezat
Tumis Kulit Ayam Spesial yang Lezat

Fakta Kulit Ayam

Sebelum memasak tumis kulit ayam, Anda terlebih dahulu harus mengetahui beberapa fakta yang jarang diketahui oleh banyak orang mengenai kulit ayam:

  1. Kalori Kulit Ayam

Perlu diketahui bahwa satu porsi ayam lengkap dengan kulitnya dengan berat kurang lebih 340 gram hanya mengandung 2,5 gram lemak jenuh. Anda juga perlu mengetahui bahwa tubuh manusia memerlukan lemak jenuh yang berfungsi untuk mengatur hormon dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

  1. Kulit Ayam Tidak Berminyak

Banyak orang yang masih berpikir bahwa kulit ayam mengandung minyak padahal yang sebenarnya terjadi adalah kulit ayam tidak mengandung minyak sama sekali selain itu, ternyata kulit ayam berfungsi sebagai penghalang agar daging tidak menyerap minyak terlalu banyak yang disebabkan karena memasak ayam dalam suhu tinggi.

Bahan Untuk Membuat Tumis Kulit Ayam

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan sebelum membuat tumis kulit ayam

  • 300 gr kulit ayam segar yang telah dibersihkan terlebih dahulu
  • 10 buah cabai rawit merah yang telah ditumbuk halus terlebih dahulu
  • 5 helai daun jeruk yang dibersihkan
  • 3 siung bawah putih yang telah ditumbuk halus terlebih dahulu
  • 3 sendok makan minyak sayur yang akan digunakan untuk menumis
  • 2 helai daun salam muda
  • 2 butir kemiri, yang disangrai terlebih dahulu sebelum ditumbuk halus
  • 2 buah cabai merah yang ditumbuk hingga halus
  • 2 ruas kecil lengkuas yang terlebih dahulu dikupas kemudian dicuci hingga bersih kemudian digeprek atau dimemarkan
  • 1 batang serat dimana bagian yang diambil hanya bagian putihnya saja, kemudian digeprek terlebih dahulu
  • ½ sendok teh garam halus beryoduim
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
  • ¼ lada bubuk

Cara Membuat Tumis Kulit Ayam

Berikut adalah cara untuk membuat tumis kulit ayam:

  1. Panaskan minyak goreng dengan menggunakan api berukuran sedang.
  2. Setelah mintak panas, masukan semua bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya seperti bawang putih, kemiri, cabai dan yang lainnya ke dalam wadah kemudian tumis hingga bumbu mengeluarkan bau harum.
  3. Setelah bumbu mengeluarkan bau harum, kemudian masukan daun jeruk yang telah dihilangkan tulangnya beserta dengan batang serai dan lengkuas yang telah dimemarkan dan juga daun salam muda.
  4. Langkah berikutnya adalah dengan memasukan kulit ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai dengan selera kemudian aduk hingga kulit ayam berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  5. Langkah terakhir adalah dengan memasukan beberapa bahan yang masih tersisa seperti garam, merica bubuk dan bahan lainnya yang takarannya disesuaikan dengan selera. Setelah itu aduk hingga rata.
  6. Tumis kulit ayam siap disajikan.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memasak tumis kulit ayam adalah Anda harus memastikan bahwa kulit ayam telah dicuci dengan bersih sehingga tidak ada satu pun kotoran yang tertinggal.