Resep Sayur Sawi Hijau Kuah Bening yang Lezat dan Menyehatkan

Resep Sayur Sawi Hijau – Sawi hijau mudah dijumpai hampir pada semua daerah di Indonesia. Jumlahnya pun melimpah karena mudah dibudidayakan. Sawi hijau sering digunakan sebagai pelengkap hidangan-hidangan berkuah seperti sop ataupun bakso.

Nah, kali ini kami akan mengulas salah satu sajian lezat berbahan dasar sawi hijau, yakni sayur sawi hijau kuah bening. Jika tertarik mencoba, berikut adalah resep sayur sawi hijau kuah bening selengkapnya.

Proses Penyajikan Lengkap Membuat Sayur Sawi Hijau Kuah Bening

Resep Sayur Sawi Hijau
Resep Sayur Sawi Hijau

Bahan-Bahan Untuk Resep Sayur Sawi Hijau

  • 2 ikat sawi hijau, potong sesuai selera
  • 1 buah tahu putih, potong dadu
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 buah kaldu blok rasa ayam
  • Merica bubuk
  • Garam
  • Gula
  • Air secukupnya

Cara  Membuat Sayur Sawi Hijau

  • Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum tambahkan air secukupnya.
  • Masukkan tahu purih, kaldu blok, merica, gula dan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga rata.
  • Masukkan sawi hijau, masak hingga matang.
  • Sayur sawi hijau siap dihidangkan, untuk 2 porsi.

Tips:

Agar rasa masakan lebih lezat, tumislah bawang putih terlebih dahulu. Setelah berubah warna menjadi kekuningan, baru masukkan bawang merahnya. Resep sayur sawi hijau ini bisa anda lengkapi dengan lauk pelengkap lainnya, seperti kerupuk, sambal, atau ikan tongkol.

Bagi anda penggemar sawi hijau, ada banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh, diantaranya adalah:

1. Menjaga kesehatan tulang

Satu cangkir sawi hijau rebus sudah lebih dari cukup untuk mencukupi kebutuhan vitamin K tubuh anda. Vitamin K berfungsi sebagai pengubah matriks tulang dan memaksimalkan penyerapan kalsium.

2. Mencegah kanker

Sawi hijau mempunyai senyawa yang mengandung sulfur atau dikenal juga sebagai glucosinolates yang mampu menghambat perkembangan kanker paru-paru, payudara, prostat, dan kolorektal. Baru-baru ini sedang dikembangkan pula penelitian untuk menguji kemampuan glucosinolates dalam menghambat kanker pada kerongkongan dan pankreas.

Sawi hijau juga mengandung banyak korofil yang terbukti efektif memerangi efek karsinogenik amina heterosiklik yang dihasilkan dari proses pemanggangan makanan. Jika anda gemar mengkonsumsi makanan yang dipanggang, maka imbangi juga dengan mengkonsumsi sawi hijau untuk membantu memerangi efek buruknya.

3. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Sawi hijau mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk kulit. Vitamin A diperlukan dalam produksi sebum untuk melembabkan kulit. Vitamin A juga diperlukan dalam perkembangan semua jaringan tubuh. Sedangkan vitamin C berperan dalam membentuk dan memelihara kolagen.

Zat besi juga banyak terkandung dalam sawi hijau. Kekurangan zat besi pada tubuh akan menimbulkan beberapa masalah pada rambut dan mempengaruhi efisiensi penggunaan energi.

4. Membantu tidur nyenyak dan baik untuk suasana hati

Kolin yang dikandung sawi hijau adalah nutrisi yang berperan penting untuk membantu anda tidur nyenyak. Selain itu kolin juga berguna dalam pergerakan otot dan kemampuan untuk mengingat. Kolin juga bertindak memelihara struktur membran sel, memperlancar transmisi impuls saraf, dan membantu penyerapan lemak serta mengurangi inflamasi.

Folat yang ditemukan dalam kolin dapat mencegah pembentukan homosistein berlebih pada tubuh sehingga tidak menganggu produksi hormon glucosinolates yang berfungsi mengatur suasana hati dan nafsu makan.

Selain manfaat di atas, sawi hijau juga mengandung senyawa penting lainnya seperti niacin, thiamin, choline, asam pantotenat, fosfor dan kalium. Demikianlah ulasan kami tentang resep sayur sawi hijau yang nikmat beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.