Resep Rica-Rica Hati Sapi dan Kentang yang Lezat Tiada Tara

Resep Rica-Rica Hati Sapi dan Kentang – Rica-rica merupakan salah satu makanan yang biasanya terbuat dari olahan daging bebek atau pun daging ayam dengan rasa yang sangat pedas. Lantas bagaimana jika rica-rica tersebut diolah menggunakan hati sapi dengan campuran kentang? Wah, pastinya rasa yang ada tidak kalah dengan rica-rica daging ayam maupun bebek. Tidak percaya? Yuk langsung saja, simak dan praktekan resep rica-rica hati sapi dan ketang yang lezat berikut ini.

Resep Rica-Rica Hati Sapi dan Kentang
Resep Rica-Rica Hati Sapi dan Kentang

Bahan-bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Resep Rica-Rica Hati Sapi dan Kentang

Berikut adalah bahan-bahan yang harus anda persiapkan untuk membuat resep rica-rica hati sapi dan kentang:

  • Hati sapi segar 1 kg
  • Kentang potong dadu 200 gram (sesuai selera)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Serai 2 batang dimemarkan
  • Daun salam 2 lembar
  • Tomat 100 gram
  • Santan 1lt
  • Merica bubuk
  • Garam dan gula secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan

  • Cabai merah 100 gram
  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Lengkuas ½ sdm haluskan
  • Jahe 50 gram

Cara Membuat Rica-Rica Hati Sapi dan Kentang:

  1. Pertama-tama anda harus menyiapkan penggorengan dan panaskan minyak untuk menumis.
  2. Setelah minyak panas, maka saatnya anda menumis bumbu yang telah dihaluskan.
  3. Jangan lupa untuk menambahkan daun salam, serai yang telah dimemarkan dan aduk sampai bumbu berbau harum.
  4. Setelah bumbu harum, maka saatnya memasukkan hati sapi, kentang dan juga tomat yang telah dipotong-potong.
  5. Aduk-aduk sampai bubu tercampur rata.
  6. Tutup penggorengan dan biarkan hati ayam matang.
  7. Setelah dirasa matang, kini saatnya memasukkan santan dan masak sampai semua bumbu meresap.
  8. Tunggu sampai kuah santan mengering, dan setelah kering maka rica-rica hati sapi dan kentang telah selesai dan siap untuk dihidangkan.

Sebagai konsumen yang baik sebelum membeli hati sapi hendaknya anda mengetahui apa saja ciri-ciri yang ada pada hati sapi yang aman dari gangguan cacing hati. Untuk mengetahui ciri-cirinya dengan benar, sebaiknya simak informasi berikut ini:

1. Tekstur Hati Sapi

Yang pertama adalah lihatlah dari tekstur yang dimiliki hati sapi itu sendiri. Hati sapi yang sehat memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek. Cara mengetahuinya anda bisa menekan hati sapi tersebut dan rasakan apakah teksturnya lembek atau kenyal. Jika teksturnya lembek, maka kemungkinan besar hati sapi sudah terinfeksi cacing hati atau hati sapi tersebut sudah tidak segar lagi.

2. Baunya

Hati sapi yang segar dan tidak terinfeksi cacing hati memiliki bau yang khas. Pastikan bahwa bau yang dihasilkan dari hati sapi yang akan dibeli tidak busuk. Ketika anda menemukan hati sapi dengan bau yang busuk, hendaknya anda mengurungkan niat untuk membelinya dan mencari penjual hati sapi yang lain.

3. Warna

Warna yang dimiliki hati sapi segar dan bebas dari cacing hati adalah berwarna merah yang menyala. Untuk hati sapi yang sudah tidak segar dan terinfeksi cacing hati biasanya memiliki warna yang pucat seperti warna merah muda atau coklat.

4. Ada Tidaknya Lendir

Ciri hati sapi yang sehat dan terhindar dari cacing hati adalah yang tidak memiliki lendir atau pun air di permukaan hati sapi. Maka dari itu anda harus berwaspada ketika menemukan ada hati sapi yang berlendir atau berair, karena bisa dipastikan bahwa hati sapi tersebut terinfeksi cacing hati dan tidak segar lagi.

Itu dia resep rica-rica hati sapi dan kentang yang sebaiknya anda coba. Dijamin selera makan keluarga di rumah meningkat drastis setelah menyicip olahan ini.