Resep Nasi Goreng Babat dan Tips Mengolah Babat yang Benar

Resep Nasi Goreng Babat – Nasi goreng merupakan salah satu olahan nasi yang sangat umum dijumpai. Proses pembuatan yang mudah serta bahan-bahan yang gampang dijumpai merupakan beberapa alasan nasi goreng begitu digemari. Olahan nasi goreng juga tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Banyak sekali olahan nasi goreng yang unik, salah satunya seperti nasi goreng babat yang akan kita bahas ini.

Jika umumnya nasi goreng dinikmati bersama ayam suwir atau telur dadar, kini nasi goreng juga dapat dinikmati dengan babat, dan untuk sensasi rasanya tentu tak perlu diragukan lagi. Nah, penasaran ingin tahu proses pembuatannya? Langsung saja, berikut kami sajikan resep nasi goreng babat untuk bunda sekalian. Dan tak hanya itu, kami juga memberikan Anda tips bagaimana mengolah babat agar tidak berbau amis dan empuk saat dimakan.

Resep Nasi Goreng Babat
Resep Nasi Goreng Babat

Cara Memasak Nasi Goreng Babat Bikin Nagih

Bahan Untuk Membuat Nasi Goreng Babat

  • 1 piring nasi putih yang sudah pera
  • 100gr babat
  • Kaldu ayam
  • Kecap manis
  • Garam
  • Minyak

Bumbu halus

  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Merica bubuk

Bahan tambahan

  • Sayur-sayuran seperti sawi, tomat, tauge
  • Acar timun
  • Krupuk udang
  • Bawang goreng
  • Telur

Cara Membuat Nasi Goreng Babat

  1. Olah babat terlebih dahulu. Bersihkan hingga benar-benar bersih lalu rebus hingga empuk. Simak tips cara mengolah babat agar tidak bau dan empuk di bawah ya.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang perlu untuk dihaluskan. Anda bisa mengulek atau menggunkan blender untuk proses yang satu ini.
  3. Siapkan minyak untuk menggoreng. Jika sudah panas, masukkan bumbu halus dan aduk hingga aromanya tercium.
  4. Masukkan nasi putih yang sudah pera dan aduk hingga bumbu tercampur rata.
  5. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Tambahkan juga kecap manis. Jika ingin membuatnya lebih gurih, Anda dapat menghapus kecap dalam resep Anda.
  6. Aduk hingga rata, jika rasa sudah mencukupi tambahkan sayuran untuk melengkapi gizi Anda. Penembahan sayuran juga sesuai selera. Anda dapat menambahkan sayuran kesukaan untuk menambah nilai gizi dalam nasi goreng Anda.
  7. Aduk sebentar dan nasi goreng siap disajikan.
  8. Tambahkan telur goreng dadar atau mata sapi, acar dan juga bawang goreng sebagai pelengkap hidangan Anda. Nasi goreng babat siap dinikmati.

Masih bingung bagaimana cara mengolah babat dengan benar? Berikut adalah tipsnya.

  1. Pilihlah babat yang masih segar. Babat yang belum dibersihkan biasanya terlihat menjijikkan. Warnanya biasanya kehijauan, abu-abu atau kehitaman. Bersihkan isi babat hingga bersih lalu cuci kembali. Rebus babat lalu kerik bagian-bagian yang berwarna tersebut hingga bersih. Bersihkan juga lapisan bagian dalam babat dengan air mengalir.
  2. Rendam sejenak babat yang telah direbus dan dibersihkan kedalam rendaman kapur sirih. Proses ini sangat membantu Anda untuk menghilangkan bau tidak sedap dari babat.
  3. Setelah perebusan pertama dan perendaman dalam kapur sirih, tiriskan babat dari rendaman daun sirih lalu rebus kembali babat dalam air mendidih dengan rempah-rempah. Rempah rempah seperti daun salam atau jeruk, jahe, serai dan lengkuas. Rempah-rempah sangat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada babat.
  4. Rebus hingga empuk dan buang air rebusan babat. Jangan gunakan air rebusan babat untuk memasak karena berbau tidak sedap. Tiriskan dan babat siap diolah.

Anda dapat membuat nasi goreng babat sebagai salah satu variasi nasi goreng nikmat kreasi Anda. Menu nasi goreng yang monoton dan itu-itu saja tentu saja membosankan. Cobalah resep nasi goreng babat yang kami sajikan dan terapkan tips-tips mengolah babat agar masakan Anda bebas bau amis dan pastinya lebih nikmat.