Resep Cilok Isi Telur Puyuh Spesial Lezat dan Nikmat

Resep Cilok Isi Telur Puyuh – Cilok, siapa sih yang tidak kenal dengan jajanan jalanan dengan tekstur kenyal ini? Cilok adalah jajanan khas Tanah Sunda, yang pastinya juga sangat populer di daerahnya tersebut. Bahkan kata “cilok” berasal dari kata “aci dicolok”, dimana “aci”  merupakan bahasa Sunda yang berarti tepung tapioka. Jajanan ini umumnya terbuat dari bahan dasar tepung tapioka atau tepung kanji, dan bumbu bawang yang dicampurkan dengan sedikit daging ayam atau daging sapi. Hasil akhirnya adalah jajanan berbentuk bulat kecil seperti bakso mini dengan tekstur yang kenyal dan gurih berkat siraman saus kacang tanah.

Anda bisa menemukan hidangan cilok dimanapun Anda berada. Dan bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Lumayan kan, untuk membujuk si kecil daripada mereka jajan cilok di pinggir jalan. Anda bisa mengkreasikan resep cilok sesuka hati, bahkan kalau mau Anda juga bisa mencoba resep cilok isi telur puyuh yang akan kami bagikan ini?

Resep Cilok Isi Telur Puyuh
Resep Cilok Isi Telur Puyuh

Resep dan Bahan Membuat Cilok Isi Telur Puyuh

Bahan Dasar Membuat Cilok Isi Telur Puyuh

  • 10 sdm tepung terigu
  • 8 sdm tepung tapioka atau tepung kanji
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Dan air hangat secukupnya.

Membuat Isian Cilok Isi Telur Puyuh

  • Beberapa butir telur puyuh
  • Keju balok yang dipotong dengan bentuk kubus secukupnya

Bahan Untuk Membuat Cocolan Cilok

  • Saos sambal secukupnya
  • Saos kecap
  • Saos kacang tanah

Cara Membuat Cilok Isi Telur Puyuh

  1. First of all, campurkan tepung terigu, tepung aci, bawang putih, garam, penyedap rasa, dan kaldu bubuk.
  2. Di wadah terpisah siapkan air hangat. Masukkan sedikit demi sedikit adonan tepung sambil diaduk-aduk terus hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Ambil sedikit adonan, dan pipihkan dengan telapak tangan Anda. di bagian tengah letakkan telur puyuh dan keju, lalu bungkus dengan adonan tersebut. Usahakan bentuknya bulat dengan ukuran bite-size, ya.
  4. Rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih baru masukkan adonan cilok yang sudah diisi oleh telur puyuh dan keju.
  5. Tunggu hingga adonan cilok mengambang ke permukaan, dan angkat adonan cilok yang telah mengambang tersebut. Tiriskan.
  6. Letakkan cilok ke dalam wadah atau piring saji.
  7. Siramkan bahan saos dan campur hingga seluruh permukaan cilok tertutupi rata dengan saos.
  8. Cilok nikmat siap untuk disantap!

Trik Agar Cilok Kenyal

Ya, ternyata walaupun cilok terdiri dari bahan-bahan sederhana dengan langkah pembuatan yang juga simple tapi ternyata masih banyak yang salah kaprah sehingga hasil cilok bikinannya pun jadi terlalu alot atau malah terlalu keras. Nah, rahasia yang paling utama terletak pada rasio dari tepung terigu dan tepung sagu yang digunakan.

Pastikan bahwa perbandingan antara kedua bahan tepung tersebut seimbang untuk memberikan tekstur kenyal yang pas. Jangan sampai terlalu banyak memasukkan tepung terigu, ya. Karena justru itu yang membuat cilok menjadi keras. Kebanyakan tepung sagu juga mengakibatkan cilok jadi terlalu alot.

Urutan memasukkan bahan-bahan cilok juga harus diperhatikan. Antara air dan tepung, masukkan air terlebih dulu, baru disusul dengan tepung yang dimasukkan secara bertahap. Itu ditujukan supaya adonan dapat tercampur dengan mudah dan tidak ada tepung yang menggumpal. Timing merebus juga sangat penting, lho.

Supaya proses perebusan tidak memakan waktu yang lama, tunggu air rebusan mendidih terlebih dulu, baru masukkan adonan cilok sambil diaduk-aduk. Itu bertujuan supaya cilok memiliki kematangan yang rata dan mencegah cilok jadi merekat antara satu sama yang lain.

Nah, selamat mencoba resep cilok isi telur puyuh ini, Moms!